Rabu, 24 Agustus 2011

Kopi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sebagian besar orang pasti sudah pernah minum kopi, bukan? Saya sendiri termasuk dalam kategori orang yang suka sekali minum kopi. Apalagi daerah saya adalah salah satu kabupaten penghasil komoditi kopi di Propinsi NTT - sebagian besar penduduk asli di daerahku banyak yang menanam jenis tanaman perdagangan ini. Kebiasaan minum kopi sudah membudaya di kalangan masyarakat kami. Tiada hari tanpa minum kopi, ya demikianlah kenyataannya. Selain citarasanya yang nikmat, ternyata kebiasaan minum kopi tidak saja memberikan dampak positif bagi peminumnya tetapi juga dampak negatif. Artikel ini akan mengupas tentang Kopi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan berdasarkan hasil penelitian dari para ahli dan sesuai pengalaman saya sendiri.

I. Dampak Positif

1. Meningkatkan kewaspadaan
Kandungan kafein yang ada di dalam kopi adalah stimulan yang dikenal bisa meningkatkan kewaspadaan pada individu. Hal ini terjadi karena cafein bisa merangsang sistem saraf, mengatur tekanan darah dan fungsi usus dalam tubuh.
2. Merangsang pernafasan
Kafein bisa melebarkan dan membuka saluran udara, oleh karena itu sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit asma dan bronkhitis.
3. Kaya antioksidan
Antioksidan sebagaimana yang kita ketahui berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan olehnya terhadap sel-sel normal, protein dan lemak.
4. Mengobati migren dan sakit kepala
Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara, seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak obat sakit kepala dan migrain mengandung kafein dalam jumlah kecil.
5. Memilki fungsi diuretik
Kandungan kafein dalam kopi menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak urin, yang membantu membilas racun dari dalam tubuh.
6. Meningkatkan fungsi otak
Mengonsumsi 2 - 3 cangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan produktifitas kerja dan mampu mengingat sesuatu dengan lebih baik. Hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer (sejenis penyakit penurunan fungsi otak yang kompleks dan progresif).
7. Mencegah timbulnya penyakit diabetes tipe 2
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam chlorgoenic yang ditemukan dalam kopi dapat mencegah timbulnya diabetes tipe 2.
8. Mencegah kanker
Studi yang dilakukan oleh Sekolah Kedokteran Harvard mengungkapkan bahwa peminum kopi reguler adalah 50% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kanker payudara, usus besar dan prostat. Hal ini dapat dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi.
9. Sirosis hati
Beberapa studi mengungkapkan bahwa mereka yang minum 3 - 4 cangkir kopi setiap hari, 80% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita sirosis hati.

II. Dampak Negatif

1. Minum kopi bisa menimbulkan kecanduan.
Bagi yang ingin berhenti atau mengurangi konsumsi minum kopi, sebaiknya dilakukan secara bertahap. Berhenti minum kopi secara mendadak bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi dan depresi. Kondisi ini bisa terjadi pada mereka yang sudah secara teratur biasa minum kopi.
2. Minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah.
Bagi penderita hipertensi sebaiknya jangan minum kopi. Pengalaman saya membuktikan bahwa minum kopi (apalagi kopi kental) dapat memicu naiknya tekanan darah.
3. Bagi penderita penyakit maag, sebaiknya berhenti dari kebiasaan minum kopi.
4. Bagi ibu hamil ; penelitian menunjukkan adanya risiko yang timbul jika mengonsumsi kafein selama hamil. Ibu hamil yang mengonsumsi lebih dari 8 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko bayi lahir dalam keadaan meninggal dua kali lebih tinggi. (http://www.detikhealth.com/)
5. Bagi penderita insomnia, sebaiknya jangan minum kopi menjelang tidur karena akan membuat anda semakin sulit tidur.

Semoga artikel Kopi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan ini bermanfaat bagi anda sekalian.

SALAM SUKSES

Dikutip dari berbagai sumber: http://www.bewellbuzz.com/general/coffee-good-bad/, http://doktersehat.com/,
http://www.detikhealth.com/

21 komentar:

Special Business Information mengatakan...

wah padahal ane udah kecanduan kopi nih. harus teratur ya gan :D

ego mengatakan...

ternyata dibalik kebaikan kopi ternyata ada buruknya juga.layaknya merokok,kopi ternyata juga bisa bikin kecanduan.jadi tukar link nggak?kalau iya kontak saya dan saya follow dulu blognya.folback juga blog saya.sorry telat.

Juru Indra Download mengatakan...

mantap info nya nih tp gmna klo sudah kecanduan dikit......ouh iya link nya sudah terpasang http://juruindradownload.blogspot.com/2011/08/exchange-link.html cek, nama nya Blog Patrisia ,klo lain silahkan di konfirm lg

Patrisia mengatakan...

@ Juru Indra Download
Tidak akan kecanduan kalau minumnya tidak over dosis. Oke makasih kalau sudah pasang linkku (Blog Patrisia).

Patrisia mengatakan...

@Special Business Information:

Hahaha, benar sdh kecanduan nih kawan. Cuman hrs diusahakan jgn lebih dari 3 cangkir sehari. Maksih ya sdh berkunjung and commentnya.

Patrisia mengatakan...

@ego:

Thanks kawan sudah berkunjung dan memberikan commentnya. Minum kopi juga baik untuk kesehatan, tapi jangan terlampau berlebihan - cukup satu atau dua cangkir sehari sdh oke. Sobat follow and pasang link saya di blog sobat, nanti saya akan melakukan hal yang sama.

mega mengatakan...

kopi adalah teman mega disaat begadang...hihihih
org banyak kaget kok cwek suka minum kopi....
ya itu lah mega.....hahahah

wisnuGUNDUL mengatakan...

wouw berarti q minum kopi tiap hari makin sehat ya ...hahaha..makasih infonya ya,makin semangat ngopi nich jadinya...

obat migren mengatakan...

untuk penderita maag harus hati-hati dalam meminum kopi ini

toko bunga online mengatakan...

Membuat mata melek

Ace maxs mengatakan...

di konsumsinya jangan berlebihan agar tidak berdampak negatif

jus kulit manggis mengatakan...

benar sekali bagi penderita penyakit maag hindari minum kopi

obat ereksi mengatakan...

Menurut saya sih, kopi atau makanan lain sama saja. Punya sisi baik dan sisi buruk, jika kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya tentu akan baik bagi kesehatan. Thanks

obat herbal kanker payudara mengatakan...

terimakasih atas infonya sangat bermanfaat sekali

Ace Maxs mengatakan...

terima kasih atas infonya

Usaha keluarga mengatakan...

selain banyak manfaatnya, rasanya juga enak

www.x2-fashion.com/id mengatakan...

ternyata kopi juga mempunyai manfaat untuk kesehatan ya. Saya ingin bertanya apakah manfaat ini hanya untuk pria atau wanita atau dua-duanya.

hilon inside mengatakan...

banyak manfaat dari kopi dan manfaatnya tetapi kalau kebanyakan mengkonsumsi kopi dapat berbahaya. Karena itu kita harus hati-hati

Kursi tamu minimalis mengatakan...

Terimakasih sangat membantu sekali dalam motivasi berhenti merokok Mantap kak.

Guntur mengatakan...

Manfaat kopi untuk wajah sudah lama digunakan selain untuk kesehatan

budi mengatakan...

Wah harus dijaga pola minumnya, terima kasih atas infomasinya.

Paket Bundling

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar Anda Di Bawah Ini, tapi Satu Hal Yang Perlu Diingat, Jangan memberikan Komentar Spam ya. Blog ini DOFOLLOW, berilah Komentar Yang Relevan Dengan Topik Yang Ada. Trima Kasih