Jumat, 26 Agustus 2011

Cara Alami dan Mudah Mencegah Kanker Payudara

Bagaimana Mendiagnosis Kanker Payudara?
Cara Alami dan Mudah Mencegah Kanker Payudara. Dari waktu ke waktu jumlah penderita kanker payudara semakin meningkat. Kanker payudara tidak mengenal status sosial seseorang, kaya atau miskin sama saja kalau tidak menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat bisa-bisa terkena penyakit yang satu ini. Di daerah saya ada banyak  wanita yang meninggal ataupun menderita kanker payudara. Kebanyakan mereka yang meninggal ini karena mengalami kesulitan biaya pengobatan atau    operasi sehingga pasrah pada keadaannya. Kalaupun ada yang mendapat pertolongan medis, itupun sudah terlambat karena ternyata kankernya sudah sampai pada stadium lanjut sehingga harapan untuk sembuh menjadi sangat kecil. Ada juga yang sudah mengetahui dirinya terkena kanker payudara akan tetapi takut untuk dioperasi atau menunda-nunda untuk dioperasi, akibatnya justru semakin fatal karena penyakit ini tentu saja akan semakin parah dan semakin sulit untuk diobati. Sel kanker yang ada dalam tubuh pasien akan cepat menyebar dan merusak sel-sel normal yang ada di sekitarnya (metastasis). Penyebaran sel kanker inilah menjadi hal yang sangat ditakuti kalau seseorang menderita kanker payudara atau jenis kanker apapun.

Di bawah ini saya akan memberikan tips Cara Alami dan Mudah Mencegah Kanker Payudara yang dikutip dari berbagai sumber yang bisa anda jadikan referensi untuk lebih waspada dalam menjaga kesehatan diri.

1. Menjaga berat badan yang seimbang

Obesitas atau kegemukan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Berat badan yang ideal perlu dijaga terus untuk mencegah penyakit ini.

2. Hindari minuman yang beralkohol

3. Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran; terutama brokoli, kubis, kembang kol, sawi, kangkung, bayam, wortel dan tomat serta buah-buahan seperti apel, belimbing manis, pisang raja dan anggur ( sayuran dan buah-buahan organik lebih dianjurkan)

4. Mengurangi atau membatasi konsumsi makanan berlemak tinggi (daging berwarna merah). Sebaliknya konsumsilah makanan yang banyak mengandung lemak omega 3, seperti minyak ikan (ikan salmon, tuna). Lemak tak jenuh, seperti canola, minyak zaitun, kacang-kacangan juga perlu dikonsumsi karena makanan ini memiliki sifat anti kanker. (womenshealth.about.com/)

5. Berolahraga secara teratur. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur bisa memberikan perlindungan yang kuat melawan kanker payudara, bahkan jenis kanker lainnya.

6. Mengonsumsi kedelai secara teratur. Tahu, tempe, susu kedelai sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Studi epidemiologi menunjukkan adanya hubungan yang positif antara konsumsi kedelai dengan berkurangnya risiko terkena kanker payudara.

7. Hindari stress yang berkepanjangan.

8. Tidur yang cukup dan berkualitas.

9. Lakukan pemeriksaan payudara anda di dokter. Atau periksalah payudara anda di depan cermin, apakah ada hal-hal yang patut dicurigai, seperti bentuk dan ukuran yang berbeda antara payudara kiri dan kanan. Apakah ada benjolan pada payudara anda yang bisa diraba dengan tangan? Apakah ada darah, nanah atau cairan putih yang keluar dari payudara anda? Apakah puting susu anda tertekan atau masuk ke dalam? Jika anda menemukan gejala-gejala ini, segera menghubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

10. Hindari merokok


Lakukanlah hal-hal tersebut di atas untuk mencegah atau meminimalisir kemungkinan terkena kanker payudara. Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan pada payudara anda sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, segeralah menghubungi dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Jangan pernah malu atau takut mengungkapkan keluhan anda pada dokter atau orang-orang terdekat anda.

Sumber : Dikutip dari berbagai sumber terpercaya

SALAM SUKSES

10 komentar:

The Great Mbah Dukun mengatakan...

bener tuh semua gan, menghiindari risk factors terjadinya breast cancer alias carcinoma mammae

BlogS of Hariyanto mengatakan...

nice share info :)

Patrisia mengatakan...

@The Great Mbah Dukun
Makasih Mbah Dukun sdh berkunjung and memberikan commentnya.

Patrisia mengatakan...

@Blogs of Hariyanto
Thanks kawan sdh berkunjung and memberikan commentnya.

pembalut alternatif mengatakan...

betul juga, ini juga cocok untuk mencegah terjadinya kanker payudara

obat herbal kanker payudara mengatakan...

merokok jadi faktor pemicu segala jenis kanker termasuk kanker pada payudara

Toko Bunga Online mengatakan...

dengan pola hidup yang sehat dan seimbang akan terhindarkan dari penyaket, termasuk kanker payudara

Pengencang Payudara mengatakan...

Kanker payudara memang sangat mengerikan, selain susah dalam mengobatinya juga sangat menyakitkan. Thanks sharenya

obat herbal kanker payudara mengatakan...

terima kasih atas infonya

Ace Maxs mengatakan...

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat sekali

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar Anda Di Bawah Ini, tapi Satu Hal Yang Perlu Diingat, Jangan memberikan Komentar Spam ya. Blog ini DOFOLLOW, berilah Komentar Yang Relevan Dengan Topik Yang Ada. Trima Kasih