Minggu, 31 Juli 2011

Tips Penting dan Bermanfaat Untuk Blogger Pemula

Hari ini saya akan memberikan beberapa tips penting bagi para blogger pemula. Tips ini diperoleh berdasarkan hasil rangkuman dari sekian banyak sumber (blog berbahasa Inggris) yang saya dapat dari aktifitas blogwalking. Saya sendiri adalah newbie dan sebagai seorang newbie saya selalu berusaha untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dunia blogging. Ketika kita sudah memutuskan untuk terjun ke dunia maya ini, maka mau tidak mau, suka ataupun tidak suka kita perlu belajar banyak hal yang berhubungan dengan itu, termasuk semua rambu-rambu yang harus ditaati.

Beberapa tips penting yang perlu diketahui oleh para blogger pemula adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan Anda

   Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memulai aktifitas anda di dunia blogging adalah  menentukan tujuan anda. Apa tujuan anda membuat blog? Apakah blog anda akan digunakan untuk mempromosikan bisnis anda ataukah hanya digunakan untuk bersenang-senang, mengemukakan ide-ide atau pendapat anda? Tujuan yang sudah anda tetapkan tersebut akan menentukan arah perjalanan aktifitas blogging anda. Setelah tujuan ditetapkan, langkah selanjutnya adalah mulai mendesain, menulis dan mempromosikan blog anda untuk menggapai tujuan dan cita-cita anda.

2. Mengenal Audience Anda

   Disain dan isi konten seharusnya merefleksikan harapan-harapan audience/pembaca anda. Jika audience yang anda targetkan adalah remaja maka desain blog serta isinya tentu saja akan berbeda dengan blog yang menargetkan audiencenya dari kalangan pengusaha, guru, dll. Jadi, sesuaikan isi atau konten dari blog anda dengan target audience.

3. Tetaplah Konsisten

   Anda seharusnya tetap konsisten dengan tujuan pertama kali anda membuat blog. Kalau anda membuat blog bertujuan untuk mempromosikan bisnis anda, maka konten atau isi dari blog anda harusnya mencerminkan atau berhubungan dengan hal-hal bisnis tersebut.Sebuah blog yang SEO friendly adalah blog yang di dalamnya terdapat kesesuain antara tujuan, desain dan isi blog.

4. Selalu Mengupdate Blog Anda

    Blog yang sering tidak diupdate/ diperbaharui akan dinilai oleh audience atau pembaca sebagai blog yang statis. Salah satu cara terbaik untuk membuat pembaca kembali berkunjung ke blog anda adalah dengan sering-sering mengupdate blog anda. Kalau ingin agar blog anda cepat terindex oleh mesin google maka sering-seringlah update blog anda dengan membuat postingan-postingan baru dan berkualitas.

5. Mengundang Audience

    Selalu mengundang pembaca untuk saling berkomunikasi dua arah. Mintalah pembaca anda untuk meninggalkan comment atau pertanyaan, kemudian responlah komentar-komentar pembaca anda tersebut. Dengan berbuat demikian akan menunjukkan kepada pembaca anda bahwa anda menghargai mereka.

6. Tetaplah Belajar
     Jangan pernah berhenti belajar untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan anda dalam dunia blogging.

Demikian beberapa tips yang bisa saya sharingkan pada kesempatan ini. Jika ada yang kurang mohon dimaafkan dan yang paling penting jangan lupa meninggalkan komentarnya. Jika ada yang berkunjung ke blogku atau meninggalkan komentarnya di bawah ini, maka saya pasti akan  melakukan hal yang sama terhadap sobat blogger. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi anda semua.

SALAM SUKSES

8 komentar:

Rizkyzone mengatakan...

sebaga newbie saya akan coba terapkan tips2 di atas

Patrisia mengatakan...

@Rizkyzone : Makasih ats kunjungannya. Smoga tips2nya bermanfaat.

chris sweet banget mengatakan...

tips'a sgt b'manfaat bgt thanks z^-^

toko bunga online mengatakan...

Belajar terus dan terus semangat

obat kuat pria tradisional mengatakan...

Terima kasih agan yang baik hati, salut deh atas kebaikannya yang mau berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat.

usaha rumahan modal kecil mengatakan...

Izin share ke teman-teman ya bos, situsnya ok punya.

usaha rumahan mengatakan...

Saya bookmark dulu, siapa tahu suatu saat bisa digunakan. Thanks bro

Budi mengatakan...

Terima kasih atas penjelasan dan tipsnya. Ini sangat bermanfaat sekali.

Promo XL PRIORITAS

Posting Komentar

Silahkan Memberikan Komentar Anda Di Bawah Ini, tapi Satu Hal Yang Perlu Diingat, Jangan memberikan Komentar Spam ya. Blog ini DOFOLLOW, berilah Komentar Yang Relevan Dengan Topik Yang Ada. Trima Kasih