Jumat, 15 Juli 2011

Manfaat Google Translate pada Blogspot

Sore hari ini setelah beberapa saat lamanya browsing di internet bersama google search engine, secara kebetulan saya mampir di Blog Rancak dan di sana saya tertarik dengan artikelnya mengenai cara pasang terjemahan pada sebuah blog. Kebetulan blog saya belum ada Google Translate maka muncullah hasratku untuk mencoba mengikuti panduan langkah demi langkah sesuai petunjuk yang ada. Setelah kucoba beberapa menit, akhirnya Google Translate dengan tampilan bendera dari beberapa negara berhasil dipasang pada blogku. Apakah mudah cara memasangnya? Ya, mudah sekali dan saya yakin anda pasti bisa kok, hehehe.

Nah, dari sini saya mulai terinspirasi untuk membuat artikelku mengenai manfaat dari Google Translate. Ya, sekalian untuk mengupdate blogku, kan? Kalau blog yang saya kunjungi di atas membahas tentang cara memasang Google Translate pada sebuah blog, pada postingan ini saya menulis artikel dengan judul Manfaat Google Translate pada Blogspot. Ide yang kreatif, bukan? Hehehe, puji diri sendiri ni ye. Hasil tampilan Google Translate yang saya ikuti berdasarkan panduan dari Blog Rancak adalah berupa bendera dari beberapa negara yang dapat kita pasang pada sidebar blog kita, sedangkan pada artikel ini saya mau sedikit berbagi pengalaman kepada para blogger semua, khususnya blogger pemula seperti saya ini mengenai cara memasang Google Translate dengan hasil tampilannya nanti berupa berbagai pilihan bahasa dari beberapa negara di dunia. Jadi ketika ada pengunjung yang ingin mengubah bahasa dalam artikel kita ke dalam bahasa pilihan mereka, ya tinggal pilih saja banner bendera yang ada atau bahasa-bahasa yang sesuai dengan asal negaranya, sehingga secara otomatis bahasa yang digunakan dalam artikel kita akan berubah ke dalam bahasa pilihan pengunjung asing tadi.

Apa itu Google Translate?
Google Translate adalah layanan terjemahan gratis yang disediakan oleh Google yang dapat di pasang pada halaman website atau blog anda. Layanan ini dapat menerjemahkan halaman-halaman blog atau website anda ke dalam lima puluh sembilan bahasa (59 bahasa untuk saat ini). Hasil terjemahannya hanya dapat ditampilkan pada halaman sebuah blog atau website, jadi tidak akan tampak pada hasil pencarian di search engine. Sifatnya hanya sementara saja, jadi  ketika ada seorang pengunjung yang kebetulan berbeda bahasa dengan bahasa yang kita pakai dalam penulisan artikel blog atau website kita, mereka bisa menggunakan layanan ini untuk dapat menampilkan artikel kita ke dalam bahasa pilihan mereka mereka. Karena hasil terjemahannya tidak terindex pada pencarian di search engine, maka tidak akan berpengaruh pada naiknya trafic rank sebuah blog atau website.

Google Translate dapat memberikan kemudahan kepada para pengunjung asing yang tertarik dengan berbagai artikel pada sebuah blog atau website. Layanan ini selain memberikan kemudahan juga dapat memungkinkan mereka untuk menjadi customers kita, apabila mereka tertarik dengan berbagai artikel yang ditampilkan.

Nah, sekarang saya akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memasang Google Translate:

  •  Langsung saja anda copy paste kode script berikut ini dan tempatkan pada halaman blog atau website anda.
<script src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.google.com/ig/modules/translatemypage.xml&up_source_language=id&w=160&h=60&title=&border=&output=js"></script>


Untuk memasang kode HTML atau script yang sudah dicopy di atas pada blog atau website anda, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut: 

  1. Buka akun blogger dengan ID anda - lalu pada dashboard anda klik  rancangan - klik gadget (terserah anda, mau pilih gadget yang mana).
  2. Klik HTML/ Javascript.
  3. Masukan semua kode script pada kotak yang tersedia. Pada Title Box (Judul) dibiarkan kosong.
  4. Terakhir, anda klik Simpan / save. Selesai.
Hasilnya nanti seperti ini :
         Mudah, bukan? Silahkan mencoba dan semoga sukses. Jika ada yang belum mengerti, tinggalkan komentar anda di sini, trims.

    SALAM SUKSES

    4 komentar:

    toko bunga di cilacap mengatakan...

    dengan memasangnya apa tidak memperlambat loading blog????

    septic tank mengatakan...

    thx info ,, wajib coba nih ....

    septic tank mengatakan...

    nice blog ...

    salam sukses ...

    budi mengatakan...

    Menarik sekali artikelnya. Terima kasih atas penjelasannya.

    Paket Bundling

    Posting Komentar

    Silahkan Memberikan Komentar Anda Di Bawah Ini, tapi Satu Hal Yang Perlu Diingat, Jangan memberikan Komentar Spam ya. Blog ini DOFOLLOW, berilah Komentar Yang Relevan Dengan Topik Yang Ada. Trima Kasih