Senin, 11 Juli 2011

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Di dalam diri kita sesungguhnya ada dua macam pikiran, yaitu pikiran sadar(conscious) dan pikiran bawah sadar(subconscious). Pengaruh dan peran pikiran sadar terhadap diri kita sebesar 12%, sedangkan pikiran bawah sadar mencapai 88%. Fakta Ini menunjukkan bahwa pikiran bawah sadar ternyata lebih dominan dan sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukkan karakter, cara berpikir dan bertindak kita. Pikiran sadar dan bawah sadar saling mempengaruhi dan bekerja sama. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan pikiran anda. Saya pernah membaca sebuah kutipan asing yang mengatakan bahwa We are what we think (Kita adalah apa yang kita pikirkan). Ada juga ungkapan lain yang mengatakan Jika kita berpikir kita bisa maka kita pasti bisa ( If you think you can, you can). Kutipan-kutipan di atas sesungguhnya mau menggambarkan kepada kita betapa dahsyatnya kekuatan pikiran manusia itu. Oleh karena itu, kita harus menggunakan pikiran kita secara baik karena dapat mempengaruhi pola tindak dan pola laku kita.


Adi W. Gunawan dalam bukunya yang berjudul Hypnotherapy, The Art of Subconscious Restructuring
menyatakan bahwa pikiran sadar dan pikiran bawah sadar mempunyai fungsinya masing-masing, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pikiran Sadar mempunyai empat fungsi spesifik, yaitu:

    Mengidentifikasi informasi yang masuk
    Membandingkan
    Menganalisis
    Memutuskan
    2. Pikiran Bawah Sadar mempunyai fungsi atau menyimpan hal-hal sebagai berikut:

        Kebiasaan (baik, buruk dan refleks)
        Emosi
        Memori jangka panjang
        Kepribadian
        Intuisi
        Kreatifitas, persepsi, dan belief dan value.
      Berdasarkan uraian di atas anda bisa melihat bahwa salah satu fungsi pikiran bawah sadar adalah sebagai tempat penyimpanan memori atau informasi. Memori yang tersimpan dalam pikiran bawah sadar bersifat permanen. Memori atau informasi yang tersimpan ini bisa berupa informasi yang baik dan buruk. Apa yang akan terjadi jika memori atau informasi yang tersimpan dalam diri seseorang adalah hal-hal buruk atau yang bersifat traumatis. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kepribadian, cara berpikir dan pola laku orang tersebut. Kita ambil contoh kasus sebagai ilustrasi, ada seorang anak yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan memiliki prestasi sekolah yang sangat rendah. Setelah diteliti ternyata anak ini sejak masa kecilnya sering dikatakan bodoh, baik oleh guru dan juga orantuanya sendiri. Karena sering dikatakan bodoh maka lama kelamaan pikiran bawah sadar anak itu akan menangkap dan menerima informasi ini sebagai sebuah kebenaran. Hasilnya? Ya, anak ini akan merasa dirinya benar-benar bodoh seperti yang sering dilontarkan oleh gurunya tadi. Ia menjadi bodoh bukan karena tidak mempunyai kapasitas untuk pintar, tetapi lebih karena didikte oleh program "bodoh" yang telah terinstall di pikirannya (Adi W. Gunawan). 

      Ingat, pengaruh pikiran bawah sadar itu 88% menguasai diri kita, jika pikiran anda berisi 88% pikiran negatif maka apa pun yang anda lakukan hanya akan mendapat pencapaian yang merugikan.Jika pikiran negatif sudah menguasai diri kita, maka apa yang harus dilakukan? Cara yang sangat sederhana adalah dengan melakukan affirmasi positif secara berulang-ulang karena segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten atau berulang-ulang akan masuk ke bawah sadar dan menjadi kebiasaan. Sebagai contoh, jika selama ini anda selalu berpikir bahwa anda bodoh maka gantilah kata-kata itu menjadi "saya cerdas, saya mampu atau saya bisa". Lakukanlah berulang-ulang setiap hari, baik sebelum tidur atau setelah tidur sesuka anda. Sebaiknya sebelum atau sesudah melakukan afirmasi, lakukan relaksasi. Cara lain adalah dengan hipnosis dan menurut para ahli yang bergelut dalam bidang ini menyatakan bahwa hipnosis adalah cara yang paling efektif dan cepat untuk masuk dalam pikiran bawah sadar seseorang. Dengan hipnosis pikiran negatif kita akan dibuang dan program baru akan diinstall secara cepat dalam pikiran bawah sadar kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Hiduplah secara positif, berpikir positif dan bertindak positif.

      2 komentar:

      toko karangan bunga di gombong mengatakan...

      Semoga 88% pikiran saya berisi hal yang positif

      penyejuk hatiku mengatakan...

      iya, bahkan terkadang terbawa dalam mimpi

      Posting Komentar

      Silahkan Memberikan Komentar Anda Di Bawah Ini, tapi Satu Hal Yang Perlu Diingat, Jangan memberikan Komentar Spam ya. Blog ini DOFOLLOW, berilah Komentar Yang Relevan Dengan Topik Yang Ada. Trima Kasih